Senin, Mei 26, 2008

Kantor Saya Remang-Remang

Secara resmi saya sudah kembali magang 12 hari setelah 2 bulan 10 hari berjibaku di bumi Pusdiklat Pajak. Yang terpikirkan pertama waktu saya menginjakkan kaki lagi disini adalah "Kantor lagi musim dingin ya??". Wuih... beneran dingin banget!!! Biasanya saya lumayan tahan dingin soalnya persediaan lemak di badan saya sangat melimpah (gitu kok bangga). Tapi sodara-sodara... saya kedinginan. Menurut prediksi pakar per-AC-an lantai 10, AC sentral di stel di suhu 23-an. What!!! Bukannya pemerintah lagi giat-giatnya menggalakkan penghematan ya?? Kalo gini kan namanya pemborosan. Apalagi saya liat ada beberapa pegawai yang memakai jaket sepanjang hari. Waktu saya tanya beliau menjawab kedinginan. Inefisiensi tingkat akut.
Akhirnya grundelan saya terjawab sudah. Hari sabtu kemarin terbit surat dari Dirjen saya soal laporan pemakaian daya dan jasa listrik, air, dan telepon, dan langkah2 penghematan angaran dan energi. Yang di atur dalam surat itu adalah mengenai penggunaan lampu, AC, lift, komputer, barang elektronik lainnya, telepon/faks, air, dan kendaraan dinas. Hal yang paling saya soroti adalah mengenai penggunaan komputer, lampu, dan AC.
Untuk penggunaan komputer, pegawai ga boleh maen game dan harus membumi-hanguskan setiap installan game yang ada di kompinya masing-masing. Ga boleh internet browsing untuk hal-hal yang tidak produktif, masang auto-stanby untuk jangka waktu paling lama 5 menit, dan wajib matiin kompi atau printer kalo ga dipake atau pas jam pulang.
Untuk penggunaan AC, AC sentral cuma dinyalakan antara jam 8-16.30, selebihnya AC split yang nyala. Suhu ruangan di atur paling rendah 25* C (yeah... aq ga kedinginan lagi!!). Ga boleh ada pintu atau jendela yang kebuka pas AC nyala.
Nah ini yang terakhir soal lampu diharapkan memanfaatkan semaksimal mungkin pencahayaan dari matahari selain tentu saja menggunakan lampu hemat energi. Dan hasilnya??? Cuma separo dari jumlah lampu yang ada di ruangan saya yang nyala. Selebihnya?? Dibunuh... Kantor saya sekarang jadi remang-remang...
Semoga sih langkah ini konsisten, bukan cuma upaya musiman.

Tidak ada komentar: